PENGEMBANGAN SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
MATA PELAJARAN : Seni Budaya/SENI RUPA
SATUAN PENDIDIKAN : SMK NEGERI 6
KELAS/SEMESTER : X / I
TAHUN PELAJARAN : 2008 - 2009
KUR. ACUAN : KTSP SMK Negeri 6
No | SK DAN KD INDIKATOR | SKBM/KKM | MATERI POKOK ESENSIAL | KEGIATAN PEMELAJARAN | Aloka waktu | SISTEM TUGAS | SISTEM PENILAIAN | MEDIA SUMB ALAT BANTU | |||
TER STRUKTUR | TDK TERSTRUKTUR | JENIS PENILAIAN | BENTUK PENILAIAN | INST YG DIGUNAKAN | |||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 |
1 2 | 1. Mengapresiasi karya senirupa. 1.1 Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya senirupa terapan 1.1.1 Menjelaskan gagasan dan teknik senirupa terapan berdasarkan sejarah perkembangan. 1.1.2 Mengidentifikasikan gagasan dan teknik senirupa terapan berdasarkan sejarah perkembangan. 1.1.3 Membuat kmposisi warna berdasarkan corak dan teknik senirupa modern. 1.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya senirupa terapan di wilayah nusantara. 1.2.1 Menjelaskan gagasan dan teknik senirupa terapan berdassarkan sejarah perkembangan senirupa 1.2.2 Mengapresiasi gagasan senirupa terapan berdasarkan sejarah perkembanngan senirupa 1.2.3 Membuat gambar nirmana berdasarkan pertimbangan hasil identifikasi teknik dan corak senirupa 2. Mengapresiasikan diri berkaitan dengan Karya Senirupa 2.1 Mendiskusikan karya senirupa terapan yang memanfaatkan berbagai teknik dan corak. 2.1.1 Menjelaskan karya seni rupa terapan dalam berbagai teknik dan corak berdasarkan prinsip asaa, fungsi dan unsur senirupa. 2.1.2 Mengapresiasi dan mengidentifikasi karya seni rupa berdasarkan pertimbangan prinsip,asas dan fungsi senirupa 2.2 Melaporkan pengamatan terhadapkarya senirupa terapan yang memanfaatkan teknik dan corak wilayah nusantara 2.2.1 Melaporkan pengamatan senirupa terapan berdasarkan pemanfaatan teknik dan corak wilayah nusantara 2.2.2. Membuat gambar desain berdasrka pertimbangan pemanfaatan teknik dan corak wilayah nusantara. | 6,5 7 6.5 6,5 6,5 7 7 7 6,5 7 6.5 6.5 6.5 6.5 | Periodisasi perkembangan senirupa; -pra sejarah -kilasik -modern Aliran aliran senirupa Komposisi warna; -warna harmoni -gradasi warna analogus Periodisasi senirupa - Prasejarah - Hindu budha - Islam Periodisasi seni lukis Menggambar Nirmana Prinsip-prinsip senirupa Unsur-unsur senirupa Asas senirupa Fungsi senirupa Gambar desain senirupa terapan Macam-macam dan corak senirupa terapan Kunjungan pameran senirupa Gambar Ornamen | Menjelaskan periodisasi seni rupaa: -Z. prasejarah -Z. klasik -Z. modern Aliran-aliran senilukis. Menjelaskan proses tentang Membuat karya Komposisi warna Menjelaskan periodisasi senirupa - Z. Prasejarah - Z. Hindu Budha - Z. Islam Menjelaskan periodisasi senilukis Menjelaskan tentang menggambar Nirmana dan proses pebuatan karya Menjelaskan prinsip senirupa meliputi paduan harmoni, kontras, irama, dan gradasi Menjelaskan unsure senirupa meliputi Garis, tekstur, warna, dan ruang. Menjelaskan asas senirupa meliputi kesatuan, keseimbangan, kesederhanaan , aksentuasi dan proporsi. Menjelaskan fungsi senirupa meliputi fungsi pakai dan terapan Menjelaskan proses mendisain senirupa terapan Menjelaskan mcam-macam teknik dan corak senirupa terapan Mengamati karya senirupa terapan nusantara dan membuat laporan hasil pengamatan Mengganbar ornament dengan menggunakan mot6if daerah | 2 2 3 3 | 1. Tulislah periodisasa perkembangan senibudaya zaman: a. pra sejarah b. klasik. c. modern 2. Tulislah 5 macam aliran-aliran seni lukis yang berkembang di 1.Tulislah periodisasi perkembangan senirup zaman : - Prasejarah - Hindu Budha - Islam 2.jelaskalah periodisasi perkembangan senilukis 1. Jelaskanlah 2. Jelaskan lilma macam unsure senirupa. 3.Jelaskanlah 4.Jelaskanlah -murni -terapan Jelaskanlah 10 macam corak senirupa terapan dari wilayah nusantara Amatilah hasil karyasenirupa terapan nusantara lewat pameran atau media lain dan laporan pengamatanmu. | Buatlah komposisi warna berdasarkan corak modern. Buatlah gradasi warna logus Buatlah sebuah karya Nirmana sesuai corak senirupa Indonesia Buatlah sebuah desain benda senirupa terapan Buatlah sebuah gamar Ornamen denngan teknik dan corak nusantara | Melalui proses belajar Melalui proses belajar Melalui proses belajar Melelui proses belajar Melalui proses belajar Melalui poses belajar dan melihat karya ragamhias . Melalui proses belajar Melalui proses belajar Melalui proses belajar Melalui proses belajar Melalui proses Melalui proses belajar dan media belajar lainnya Melalui proses pengamatan Melalui proses pengamatan | Tertulis Tertulis Penugasan Tertulis Tertulis Penugasan Tertulis Tertulis Tertulis Tertulis Penugasan Penugasan Laporan tugas Tugas karya Ornamen | - objektif tes - Objektif tes - Membuat karya/ tugas praktek Objektif test Objektif test -Membuat karya/ tugas praktek. Objektif test Essay Objektif test Essay Objektif test Essay Tertulis Essay Tugas praktek Tugas Kunjungan pameran Laporan tugas | - Bahan ajar senibudaya/senirupa - Buku penunjang: buku seni budaya untuk sma Agus Sachari Media lain yang ada |
Diketahui Kepala SMK negri6
Ka Prog Normatif/ adaptif
Drs Jafri Dra Syuhasteti Dra. Evawati
Nip. 131 101 857 Nip. 131 899 140 Nip. 132 059 776
No | SK DAN KD INDIKATOR | SKBM/KKM | MATERI POKOK ESENSIAL | KEGIATAN PEMELAJARAN | Aloka waktu | SISTEM TUGAS | SISTEM PENILAIAN | MEDIA SUMB ALAT BANTU | |||
TER STRUKTUR | TDK TERSTRUKTUR | JENIS PENILAIAN | BENTUK PENILAIAN | INST YG DIGUNAKAN | |||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 |
1 2 | | 6,5 7 6.5 6,5 6,5 7 7 7 6,5 7 6.5 6.5 6.5 6.5 | | | 2 2 3 3 | | | | | - objektif tes - Objektif tes - Membuat karya/ tugas praktek Objektif test Objektif test -Membuat karya/ tugas praktek. Objektif test Essay Objektif test Essay Objektif test Essay Tertulis Essay Tugas praktek Tugas Kunjungan pameran Laporan tugas | ‘ |
Diketahui Kepala SMK negri6
Ka Prog Normatif/ adaptif
Drs Jafri Dra Syuhasteti Dra. Evawati
Nip. 131 101 857 Nip. 131 899 140 Nip. 132 059 776
0 komentar:
Posting Komentar