SILABUS MATA PELAJARAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
SENI BUDAYA
BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN | | DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL DITJEN MANAJEMEN DIKDASMEN DIREKTORAT PEMBINAAN SMK | |
NAMA SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Seni Budaya (SENI RUPA)
KELAS/SEMESTER : X / 1 dan 2
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | PS | PI | ||||||
1.1. Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan | · Periodisasi Seni Rupa Mancanegara - Pra sejarah - Klasik - Moderen · Aliran –aliran seni rupa · Lingkaran warna, Harmoni warna, Kontras,Monokromatik dan Anologus | · Menjelaskan seni rupa jaman prasejarah · Menjelaskan seni rupa jaman klasik · Menjelaskan seni rupa jaman moderen · Menjelaskan aliran aliran seni lukis · Menggambar Lingkaran Warna · Membuat harmoni warna Kontras, Monokromatik dan Analogus | · Gagasan dan teknik seni rupa terapan djelaskani berdasarkan sejarah perkembangan · Menjelaskan seni rupa jaman klasik · Komposisi warna dibuat berdasarkan corak dan teknik seni rupa modern | · Tes tertulis · Tes lisan · Tes perbuatan | 12 | 20 (40) | | · Dharsono Sony Kartika (2004)Seni Modern,Rekayasa Sains Bandung · Dharsono Sony Kartika, Nanang Ganda perwira,(2004) Pengantar Estetika,Rekayasa Sains Bandung · Agus Sachari, Dr.Budaya Rupa,Desain, Arsitektur, Seni Rupa dan Kriya. |
1.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara | · Periodisasi Seni Rupa Indonesia · Pra sejarah Hindu dan Budha, Islam · Periodisasi seni lukis indonesia · Gambar nirmana | · Menjelaskan seni rupa indonesia jaman Prasejarah · Menjelaskan seni rupa indonesia periode Hindu –Budha · Menjelaskan seni rupa indonesia periodeIslam · Menjelaskan periodisasi seni lukis indonesia · Membuat gambar Nirmana | · Gagasan dan teknik seni rupa terapan dijelaskan berdasarkan sejarah perkembangan seni rupa indonesia · Gagasan seni rupa terapan diapresiasi berdasarkan sejarah perkembangan seni rupa indonesia · Gambar nirmana dibuat berdasarkan pertimbangan hasil identifikasi teknik dan corak | · Tertulis · Praktek | 12 | 20 (40) | | · Yudoseputro Wiyoso, 1986 Pengantar Seni Rupa Islam Indonesia,Angkasa Bandung · Soekmono, 1981, Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia, jilid 1,2,3, Kanisius, Jogjakarta |
NAMA SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Seni Budaya (SENI RUPA)
KELAS/SEMESTER : XI / 1 dan 2
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | PS | PI | ||||||
2.1. Mendiskusikan karya seni rupa terapan yang memanfaatkan berbagai teknik dan corak | · Prinsip-prinsip seni rupa · Unsur-unsur seni rupa · Azas seni rupa · Fungsi seni rupa · Gambar desain | · Menjelaskan prinsip prinsip seni rupa meliputi paduan harmoni, kontras, irama, dan gradasi · Menjelaskan unsur unsur seni rupa meliputi garis tekstur, warna dan ruang · Menjelaskan azas seni rupa meliputi kesatuan, keseimbangan, kesederhanaan,aksentuasi dan proporsi · Menjelaskan fungsi seni rupa meliputi fungsi pakai dan terapan · Gambar desain seni terapan | · Karya seni rupa terapan dalam berbagai teknik dan corak dijelaskan berdasarkan prinsip, azas,fungsi dan unsurseni rupa · Gambar desain dibuat berdasarkan pertimbangan prinsip,azas dan fungsi seni rupa | · Lisan · Tertulis · Praktek | 12 | 20 (40) | | |
2.2. Melaporkan pengamatan terhadap karya seni rupa terapan yang memanfaatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara | · Macam macam teknik dan corak seni rupa terapan · Kunjungan pameran seni rupa · Gambar ornamen | · Menjelaskan macam macam teknik dan corak seni rupa terapan di indonesisa · Mengamati karya seni di pameran · Membuat laporan hasil pengamatan · Menggambar ornamen dengan menggunakan motif daerah | · Pengamatan terhadap seni rupa terapan dan dilaporkan berdasarkan pemanfaatan teknik dan corak wilayah nusantara · Gambardesain dibuat berdasarkan pertimbangan pemanfaatan teknik dan corak wilayah nusantara | · Tertulis · Praktek | 12 | 20 (40) | | |
MATA PELAJARAN : Seni Budaya ( SENI MUSIK)
KELAS/SEMESTER : X / 1 dan 2
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||||
TM | PS | PI | ||||||||
3.1. Mengidentifikasi fungsi dan latar belakang musik | · Fungsi musik dari zaman purba hingga modern · Tujuan pementasan musik · Manfaat musik dalam kehidupan sehari-hari | · Menjelaskan fungsi musik zaman Prasejarah · Menjelaskan fungsi musik zaman klasik · Memutarkan contoh rekaman musik pada zaman klasik dan latar belakang penciptaanya · Menjelaskan fungsi musik zaman modern · Memutarkan rekaman musik pada zaman modern dan latar belakang penciptaanya · Menjelaskan tujuan pementasan musik sebagai hiburan, bisnis, dan amal · Memutarkan contoh-contoh rekaman pementasan musik sesuai dengan tujuannya. · Manfaat musik dalam perkembangan kecerdasan emosional · Menjelaskan musik sebagai terapi | · Fungsi musik dijelaskan berdasarkan latar belakang sejarah perkembangannya · Fungsi musik dibedakan berdasarkan pada tujuan pementasannya · Musik dijelaskan manfaatnya dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari | · Tes tertulis · Tes lisan · Tes praktek | 10 | 22 (44) | | · Banu, Pono. (1994), Kamus Musik, Kanisius, Yogyakarta. · Mack, Dieter. (1995), Sejarah Musik, PML, Yogyakarta. · Rekaman musik audio/audio visual : Klasik, Modern. · Rekaman musik: hiburan, bisnis, dan amal. · Koran, majalah, media elektronik, dll. | ||
| | · Memutarkan rekaman musik karya Mozart dan mengalisis lompatan-lompatan melodi yang berpengaruh pada kecerdasan manusia. | | | | | | | ||
3.2. Menunjukkan nilai-nilai musikal dari hasil pengalaman musikal yang didapatkan melalui pertunjukan musik | · Unsur-unsur musik · Menirukan unsur-unsur musik yang terdapat pada suatu lagu · Penerapan nilai-nilai musikal dalam kehidupan sehari-hari | · Menjelaskan unsur unsur musik terdiri dari ritme dan nada · Memutarkan salah satu jenis musik dan diidentifikasi unsur-unsurnya · Mengidentifikasi ketukan dan tanda birama pada suatu lagu · Mendengarkan lagu dan menganalisis unsur-unsur musiknya · Menirukan ritme · Menirukan melodi · Menganalisis bentuk musik · Menjelaskan manfaat musik dalam kehidupan sehari-hari · Melihat pertunjukan musik atau memutar rekaman pertunjukan musik dan mengamati pentingnya kerjasama antar pemain dan sikap saling menghormati yang ditunjukkan dalam permainanan musiknya. | · Musikalitas dijelaskan berdasarkan unsur-unsurnya. · Unsur-unsur musik ditirukan berdasarkan ritme dan melodi yang terdapat pada suatu lagu. · Nilai-nilai musikal diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan jenis musiknya. | · Tes tertulis · Tes lisan · Praktek | 10 | 22 (44) | | · Banu, Pono. (1994), Kamus Musik, Kanisius, Yogyakarta. · Mack, Dieter. (1995), Sejarah Musik, PML, Yogyakarta. · Rekaman musik audio/audio visual : Klasik, Modern. · Rekaman musik: hiburan, bisnis, dan amal. · Koran, majalah, media elektronik, dll | ||
NAMA SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Seni Budaya (SENI MUSIK)
KELAS/SEMESTER : XI / 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI : Mengekspresikan diri berkaitan dengan karya seni musik
KODE KOMPETENSI : 4
ALOKASI WAKTU : 64 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | PS | PI | ||||||
4.1. Memainkan musik | · Praktek bermain musik/vokal: - Individual - Kelompok (unisono, paduan suara) | · Mendengarkan lagu yang baru populer atau lagu-lagu standar yang dikenal siswa dalam berbagai jenis irama (pop, rock, dangdut, jazz, dll.). · Menirukan lagu dengan minus one atau diiringi dengan alat musik secara individu atau kelompok. · Menyanyikan lagu yang sudah diaransemen secara sederhana dalam bentuk paduan suara atau vocal group · Menganalisis harmonisasi yang terdapat pada melodi maupun iringan · Menjelaskan teknik sederhana dan mudah dalam menyanyi atau bermain musik yang dikuasai siswa. · Memainkan musik/ menyanyi secara individu atau kelompok dengan mempertimbangkan ekspresi (penghayatan) sesuai makna lagu yang terdapat pada syair. | · Musik dimainkan dengan mengggunakan vokal dan alat yang ada disekitarnya secara individual maupun kelompok · Musik dimainkan dengan menggunakan prinsip kebersamaan dan sikap saling menghormati antar pemainnya. · Musik dimainkan dengan penghayatan sesuai dengan makna yang terdapat pada syair lagu. | · Lisan · Praktek | 10 | 22 (44) | | · Banu, Pono. (1994), Kamus Musik, Kanisius, Yogyakarta. · Mack, Dieter. (1995), Sejarah Musik, PML, Yogyakarta. · Rekaman musik audio/audio visual : Klasik, Modern. · Rekaman musik: hiburan, bisnis, dan amal. · Koran, majalah, media elektronik, dll. Contoh beberapa hasil aransemen musik |
4.2. Mendiskusikan persiapan pertunjukan musik yang diselenggarakan di sekolah | · Menyusun urutan lagu dan waktu dalam pementasan. · Manajemen pementasan musik di sekolah · Manfaat bermain musik secara kelompok · Penyusunan persiapan pertunjukan musik di sekolah | · Menjelaskan pengertian pertunjukan musik · Memutar rekaman pementasan musik · Mendiskusikan urutan lagu yang dipentaskan · Mendiskusikan durasi waktu yang ideal untuk pementasan musik · Menjelaskan pengertian manajemen pementasan dengan prinsip POAC · Membuat contoh rencana pementasan musik di sekolah dengan mempertimbangkan jenis lagu, urutan, dan durasi waktunya. · Menjelaskan pengertian bermain musik kelompok (bersama) · Menjelaskan jenis-jenis permainan musik kelompok · Memutar beberapa contoh permainan musik secara kelompok · Menganalis beberapa hal yang harus diperhatikan dalam bermain musik bersama · Mendiskusikan manfaat bermain musik bersama · Menjelaskan cara menyusun persiapan pertunjukan musik di sekolah | · Persiapan pertunjukan musik di sekolah didiskusikan berdasarkan jenis lagu dan waktu yang diperlukan untuk pementasan. · Persiapan pertunjukan musik didiskusikan manajemen pementasannya · Persiapan pertunjukan musik didiskusikan manfaatnya bagi siswa dalam kaitannya dengan kerjasama dan nilai-nilai sosial. · Persiapan pertunjukan musik disusun berdasarkan tujuan, urutan lagu, dan waktu yang dibutuhkan. | · Lisan · Tertulis · Praktek | 6 | 22 (44) | | · Banu, Pono. (1994), Kamus Musik, Kanisius, Yogyakarta. · Mack, Dieter. (1995), Sejarah Musik, PML, Yogyakarta. · Rekaman musik audio/audio visual : Klasik, Modern. · Rekaman musik: hiburan, bisnis, dan amal. · Koran, majalah, media elektronik, dll · Buku-buku Manajemen Seni Pertunjukan |
| | · Menentukan kerangka rencana kegiatan terdiri: tujuan, urutan lagu, waktu yang dibutuhkan, dan nama-nama pemain yang mendukung acara pertunjukan | | | | | | |
4.3. Mendiskusikan suatu pertunjukan musik | · Aspek-aspek pendukung pertunjukan musik · Faktor pendukung dan penghambat pertunjukan musik · Manfaat pertunjukan musik | · Memutarkan rekaman suatu pertunjukan musik · Menjelaskan unsur-unsur pendukung pertunjukan musik · Mendiskusikan unsur-unsur pertunjukan musik · Mendiskusikan faktor pendukung pertunjukan musik · Mendiskusikan faktor penghambat pertunjukan musik · Mendiskusikan pemecahan masalah yang dihadapi dan tindakan antisipasi terjadinya hambatan dlam pertunjukan musik. · Menjelaskan manfaat pementasan musik bagi pemain dan penonton · Mendiskusikan manfaat pertunjukan musik bagi siswa | · Pertunjukan musik didiskusikan berdasarkan unsur-unsur pendukungnya. · Pertunjukan musik didiskusikan faktor pendukung dn penghambatnya. · Pertunjukan musik didiskusikan manfaatnya bagi pemain dan penonton | · Lisan · Tertulis · Praktek | 4 | | | |
NAMA SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Seni Budaya ( SENI TARI)
KELAS/SEMESTER : X / 1 dan 2
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | PS | PI | ||||||
5.1. Mengidentifikasi jenis, peran, dan perkembangan tari | · Jenis, peran dan perkembangan tari · Hasil identifikasi jenis,peran tari · Penampilan tari | · Menjelaskan jenis tari: - Jenis tari jaman primtif Tari upacara Tari hiburan Tari pertunjukan - Jenis tari jaman Tari upacara Tari hiburan Tari pertunjukan - Jenis tari jaman Tari hiburan Tari pertunjukan · Menjelaskan peran tari: - Tari primitif - Tari kerakyatan - Tari klasik - Tari kreasi baru · Menjelaskan perkembangan tari: Sejarah tari pada jaman primitif Sejarah tari pada jaman feodal Sejarah tari pada jaman modern | · Tari diidentifikasi sesuai dengan jenis, peran dan perkembangannya · Hasil identifikasi diaplikasikan dalam bentuk tari dan diperagakan · Hasil identifikasi tari ditampilkan dengan sikap yang benar | Tes tertulis Tes praktek | 10 | 22 (44) | | · Buku pengetahuan tari · Sejarah tari indonesia · Buku komposisi tari · Buku komposisi tari |
| | · Memperagakan hasil identifikasi tari - Gerak kepala - Gerak badan - Gerak tangan - Gerak kaki · Menampilkan tari: - Gerak tari - Pola lantai - Irama | | | | | | |
5.2. Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni tari di wilayah Nusantara | · Gagasan tari nusantara · Teknik karya tari · Karya tari | · Menjelaskan gagasan (tema) tari nusantara: - Cerita rakyak - Kehidupan sehari hari - Dongeng - Legenda · Menjelaskan teknik karya tari nusantara melalui pengamatan video tari: - Gerak : § Ruang § Waktu § Tenaga - Pola lantai · Menyusun karya tari sederhana berdasar moif gerak tari nusantara: - Tema tari - Gerak - Irama | · Gagasan tari dijelaskan berdasarkan bentuknya · Teknik karya seni tari dijelaskan berdasarkan unsur unsur pendukung · Teknik karya tari daerah setempat (nusantara ) dikembangkan kedalam bentuk kreasi tari | · Tes tertulis · Tes tertulis · Tes praktek | 10 | 22 (44) | | · Buku koreografi · Buku komposisi tari · Buku koreografi · Buku komposisi tari · Kaset video tari nusantara · Buku komposisi tari |
NAMA SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Seni Budaya ( SENI TARI)
KELAS/SEMESTER : XI / 1 dan 2
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | PS | PI | ||||||
6.1. Mengidentifikasi gagasan untuk disusun ke dalam tari kreasi dalam bentuk tari tunggal atau berpasangan/kelompok | · Gagasan tari · Koreografi · Pergelaran tari | · Menjelaskan gagasan (tema) tari: - Cerita rakyak - Kehidupan sehari hari - Dongeng - Legenda · Naskah tari - Sinopsis - Skenario · Menemukan gagasan dasar tari · Mengeksplorasi gerak · Menyusun gerak - Ruang - Waktu - Tenaga · Menyusun pola lantai · Menyusun karya tari tunggal, berpasangan atau kelompok sederhana · Mempergelarkan karya tari tunggal, berpasangan atau kelompok secara sederhana di sekolah | · Gagasan tari dijelaskan berdasarkan konsep garapan · Gagasan dieksplorasi ke dalam bentuk kraesi tari tunggal, berpasangan atau kelompok · Kreasi tari tunggal, berpasangan atau kelompok ditampilkan dengan penghayatan | Tes tertulis Tes tertulis Tes Parktek | 10 | 22 (44) | | · Buku koreografi · Buku cerita rakyat · Buku koreografi · Buku komposisi tari · Komposisi tari |
6.2. Mendiskusikan tari kreasi yang berbentuk tari tunggal atau berpasangan/kelompok | · Gagasan konsep garapan · Bentuk tari · Bentuk garapan tari | · Mendiskusikan gagasan konsep garapan: - Tema - Naskas - Gerak - Iringan - Tata busana · Menampilkan bentuk karya tari: - Gerak - Tema - Iringan - Kreativitas - Tata busana · Mendiskusikan bentuk garapan tari: - Tema garapan - Gerak tari - Kreativitas - Iringan - Tata busana | · Gagasan didiskusikan berdasarkan konsep garapan · Bentuk tari kreasi ditampilkan berdasarkan unsur unsur yang mendukung garapan tari · Penampilan tari didiskusikan berdasarkan bentuk garapannya | · Tes tertulis · Tes praktek | 10 | 22 (44) | | · Buku koreografi · Manajemen pertunjukan · Buku koreografi · Buku komposisi tari · Buku koreografi · Buku komposisi tari |
MATA PELAJARAN : Seni Budaya ( TEATER)
KELAS/SEMESTER : X / 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI : Mengapresiasi karya seni teater
ALOKASI WAKTU : 64 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | |||
TM | PS | PI | |||||||
7.1. Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur estetis pertunjukan teater | Unsur-unsur pembentuk seni teater | tMenjelaskan definisi seni teater · Menjelaskan unsur-unsur pembentuk seni teater yang terdiri dari: - Unsur pokok (elemen dasar): Naskah/Cerita Sutradara Pemain Penonton - Unsur pendukung (elemen artistik): o Tata panggung o Tata Rias o Tata Busana o Tata Cahaya o Tata Suara o Musik ilustrasi · Menjelaskan fungsi masing-masing unsur dalam pertunjukan teater · Menjelaskan aspek kerjasama antar unsur dalam pertunjukan teater · Menjelaskan keterkaitan estetis antar unsur dalam pertunjukan teater untuk mencapai harmonisasi · Menyajikan contoh pertunjukan teater melalui VCD atau obervasi langsung | · Estetika pertunjukan teater dijelaskan sesuai dengan unsur-unsur pembentuk seni teater | Tes tertulis | 10 | 22 (44) | | Buku Seni Teater (A. Kasim Achmad) Buku Dramaturgi (RMA. Harymawan) VCD Pentas seni teater | |
| · Role play (bermain peran) | · Menjelaskan langkah-langkah berkarya seni teater secara sederhana; - Membuat/menyediakan cerita - Membagi peran - Melakukan latihan di bawah arahan sutradara - Melaksanakan pentas · Menjelaskan kedudukan cerita, sutradara, pemain, dan penonton dalam karya teater · Menjelaskan struktur cerita yang terdiri dari; - Pemaparan - Penanjakan - Konflik - Klimaks - Penurunan - Penyelesaian · Membuat cerita sederhana dengan memenuhi kaidah dasar struktur cerita/lakon teater yang terdiri dari; Pemaparan/adegan awal Konflik Penyelesaian/ending · Membagi peran sesuai tokoh dalam cerita · Menjelaskan unsur artistik untuk mendukung peran: - Tata panggung - Tata rias - Tata busana - Tata cahaya - Tata suara - Musik ilustrasi | · Unsur-unsur teater dipadukan secara estetis dan dicobakan dalam pertunjukan teater kelas | Praktek | | | | Buku Seni Peran (Japi Tambajong) Buku cerita | |
| | · Melatihkan peran (role play) · Melengkapi latihan peran dengan unsur artistik yang ada (tersedia) · Menampilkan karya teater sederhana di depan kelas | | | | | | | |
| Pertunjukan teater | · Menyaksikan contoh pertunjukan teater melalui VCD · Memberikan tanggapan lisan berkaitan dengan estetika unsur-unsur teater setelah pertunjukan selesai | · Sikap apresiatif ditunjukkan dengan menyaksikan contoh pertunjukan teater secara tertib dan memberikan tanggapan setelah pertunjukan selesai | Tes lisan | | | | VCD pemetasan teater | |
7.2. Menunjukkan sikap apresiatif terhadap pesan moral (kearifan lokal) pertunjukan teater | · Analisis lakon teater: 1. Tema 2. Plot/Alur 3. Penokohan 4. Latar/setting 5. Sinopsis 6. Pesan Moral · Mengarang cerita · Role playing (bermain peran) · Pertunjukan teater | · Menjelaskan bagian-bagian lakon yang terdiri dari; 1. Tema 2. Plot/alur 3. Struktur 4. Penokohan 5. Latar/setting 6. Pesan moral · Menjelaskan kedudukan pesan moral dalam cerita · Membacakan/menyampaikan salah satu lakon teater sederhana dan berdurasi pendek · Mengkaji tema, plot, sturktur, penokohan, latar, dan menemukan pesan moral cerita. · Menuliskan pesan moral dari cerita yang telah ditentukan · Menentukan pesan moral yang akan disampaikan dalam sebuah cerita · Membagi kelompok disesuaikan dengan pesan moral yang ditentukan · Membuat cerita sederhana berdasar pesan moral dalam kelompok yang telah ditentukan dengan mempertimbangkan struktur dasar lakon teater yaitu; o Pemaparan/adegan awal o Konflik o Penyelesaian/ending · Membagi peran sesuai tokoh dalam cerita · Melatihkan peran (role play) secara improvisasi; o Gerak o Ekspresi o Dialog o Penyampaian pesan moral · Melengkapi latihan peran dengan unsur artistik yang ada (tersedia), di antaranya; o Tata panggung o Tata busana o Tata rias o Tata cahaya o Tata suara o Musik ilustrasi · Menampilkan karya teater improvisasi sederhana di depan kelas dengan menitikberatkan ketersampaian pesan moral · Menyaksikan contoh pertunjukan teater melalui VCD · Menemukan pesan moral dalam pertunjukan teater · Mengkaitkan pesan moral pertunjukan teater ke dalam cerita/peristiwa keseharian atau pengalaman pribadi dan disampaikan secara lisan | · Pesan moral dalam pertunjukan teater dijelaskan berdasarkan cerita/lakon yang disajikan · Pesan moral dituliskan secara implisit ke dalam cerita sederhana dan dipraktekkan di depan kelas dalam bentuk pentas teater sederhana · Pesan moral dalam teater diapresiasi dan dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari atau pengalaman pribadi secara lisan | Tes Tertulis Praktek Tes lisan | 10 | 22 (44) | - - - | Buku Seni Teater(A. Kasim Achmad) Buku Dramaturgi, (RMA. Harymawan) Buku cerita Naskah cerita/la-kon teater Buku Seni Peran (Japi Tambajong Naskah lakon VCD pementasan teater | |
NAMA SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Seni Budaya ( TEATER)
KELAS/SEMESTER : XI / 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI : Mengekspresikan diri berkaitan dengan seni teater
KODE : 8
ALOKASI WAKTU : 64 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | PS | PI | ||||||
8.1. Merancang persiapan pergelaran teater | · Manajemen Pergelaran (Produksi) Teater 1. Bidang Produksi 2. Bidang Artistik · Perancangan produksi/pergelaran Teater 1. Bidang Produksi 2. Bidang Artistik · Praktek manajemen pergelaran (produksi) teater | · Menjelaskan manajemen (produksi) pergelaran teater · Menjelaskan fungsi manajemen (produksi) pergelaran teater · Menjelaskan bagian/bidang dalam manajemen (produksi) pergelaran teater yang terdiri dari bidang produksi dan bidang artistik · Menjelaskan bagian dan fungsi bagian dalam bidang produksi yang terdiri dari; o Ketua produksi o Sekretaris o Bendahara o Sie. Dokumentasi o Sie. Publikasi o Sie. Perlengkapan, dll. · Menjelaskan bagian dan fungsi bagian dalam bidang artistik; o Sutradara o Pemain o Penata musik o Penata busana o Penata rias o Penata panggung o Penata cahaya o Penata suara · Menjelaskan metode perancangan pergelaran (produksi) teater sesuai kebutuhan/event · Menentukan lakon/cerita yang akan dipergelarkan · Membagi tugas ke dalam bidang produksi dan artistik · Menentukan tugas dan peran sesuai bagian dalam bidang organisasi pergelaran · Membuat rancangan produksi pergelaran sesuai dengan tugas dan peran bagian yang telah ditentukan Praktek manajemen pergelaran (produksi) teater | Pergelaran teater dirancang berdasar kerja dan fungsi bidang dalam manajemen pergelaran (produksi) teater · Rancangan pergelaran teater dilaksanakan dengan mematuhi prinsip kerja bidang dalam manajemen pergelaran (produksi) teater | Tes tertulis Praktek Praktek | 10 | 22 (44) | | Buku Manajemen Produksi Teater Buku Tata Teknik Pentas (Pramana Padmodarmaya) Buku Manajemen Produksi Teater Naskah/lakon teater Buku cerita Rancangan produksi Naskah/lakon teater |
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | PS | PI | ||||||
8.2. Menerapkan prinsip kerja sama dalam berteater | · Peran dan fungsi unsur-unsur pembentuk teater · Pelatihan Teater · Pergelaran Teater | · Menjelaskan peran dan fungsi unsur pokok pembentuk teater yang terdiri dari; o Cerita o Naskah o Sutradara o Pemain o Penonton · Menjelaskan keterkaitan unsur pokok pembentuk teater dalam menyampaikan pesan melalui sebuah pertunjukan · Menjelaskan kerjasama antar unsur penyampai pesan (cerita, sutradara, pemain) agar makna pesan dapat diterima dengan baik oleh penerima pesan (penonton) · Menjelaskan kerjasama unsur pokok dan pendu kung (tata panggung, busana, rias, cahaya, suara, dan musik ilust rasi) dalam empertegas makna pesan yang akan disampaikan. · Menentukan cerita/naskah yang akan ditampilkan · Membagi peran sesuai karakter tokoh dalam cerita · Membagi peran unsur pendukung (tata panggung, busana, rias, cahaya, suara, dan musik ilustrasi) · Mengerjakan latihan-latihan teater berdasar naskah yang telah ditentukan dengan mempertimbangkan prinsip kerjasama antar unsur pokok (sutradara dan pemain): o Sutradara: mengarahkan pemain sesuai dengan tuntutan naskah lakon/cerita o Pemain: dengan bimbingan sutradara melatihkan peran (gerak, ekspresi, dialog, karakter, penghayatan) sesuai dengan tokoh dalam cerita · Merancang dan mencobakan rancangan tata artistik secara bersama antar unusr pendukung teater (tata panggung, rias, busana, cahaya, suara, dan musik ilustrasi) · Mengerjakan latihan bersama (gabungan antar unsur pokok dan pendukung) · Mengevaluasi hasil latihan dengan pertimbangan harmoni pementasan · Melaksanakan gladi kotor, dengan menggabungkan semua unsur sebelum pementasan (simulasi pentas) · Melakukan evaluasi hasil gladi kotor · Melakukan pembenahan hasil evaluasi · Melaksanakan gladi bersih atau latihan terakhir sebelum pementasan (simulasi pentas akhir) · Melaksanakan pergelaran teater di sekolah dengan menerapkan prinsip kerjasama antar unsur. | · Prinsip kerjasama dijelaskan sesuai dengan keterkaitan peran dan fungsi antar unsur pokok teater dalam pertunjukan · Prinsip kerjasama antar unsur teater dilaksanakan dalam pelatihan teater · Prinsip kerjasama antar unsur teater diaplikasikan dengan sungguh-sungguh dalam pergelaran teater di sekolah | Tes tertulis · Praktek · Praktek | 10 | 22 (44) | | Buku Dramaturgi (RMA. Harymawan · Naskah lakon teater · Rancangan artistik (tata pangung, rias, busana, cahaya, suara) · Buku Seni Peran (Japi Tambajong) · Naskah lakon teater · Rancangan artistik (tata panggung, rias, busana, cahaya, suara, musik ilustrasi) |
Keterangan:
TM : Tatap muka
PS : Praktik di Sekolah (2 jam praktIk di sekolah setara dengan 1 jam tatap muka)
PI : Praktek di Industri (4 jam praktIk di Du/Di setara dengan 1 jam tatap muka)
0 komentar:
Posting Komentar